CARA CEK VIRTUAL ACCOUNT SISWA PENERIMA PIP VIA APLIKASI VERIFIKASI INDONESIA PINTAR

Web Portal Rekapan PIP

Sebenarnya virtual account bank BRI siswa penerima PIP sudah terdapat pada Aplikasi Verifiaksi  Indonesia Pintar, atau anda bisa melihatnya pada rekapan file excel yang diperoleh dari UPT atau Disdik setempat, atau anda juga bisa mengunduhnya di blog ini disini kemudian kita hanya memasukan virtual accounnya pada form inquiry untuk memverifikasi status apakah sudah dapat dicaikan atau belum.

Bagaimana cara mengecak virtual accunt pada web PIP ?
apa yang dimaksud virtual account mungkin dari kutipan web BCA dapat disebutkan sebagai berikut 
Disebut virtual account karena setoran yang masuk ke rekening tersebut hanya sesaat. Begitu sampai ke proses batch (proses induk komputer melakukan transaksi akhir hari) maka saldo dari setoran di virtual akun akan dipindahkan ke rekening induk
dari informasi tersebut jelas bahwa virtual account hanya bersifat sementara, kaitannya dengan pencairan penerimaan bantuan  Program Indonesia Pintar (PIP) hanya bersifat informasi apakah data yang sudah masuk ke bank BRI  dapat dicairkan atau belum.  

Berikut langkah-langkah mngecek virtual account bagi siswa penerima PIP.

1. Pastikan anda sudah memiliki dan dapat mengakses akun dapodik atau akun yang sudah terdaftar di portal http://sdm.data.kemdikbud.go.id/, karena akun tersebut digunakan untuk mengakses Aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar. 

2. Setelah anda memiliki akun silahkan kunjungi web portal rakapitulasi PIP untuk  melihat data tahapan laporan penyaluran dana PIP. 
  • klik menu disamping kemudian klik Data Tahapan
  • klik data provinsi
  • klik kabupaten
  • klik kecamatan dan terakhir 
  • klik nama sekolah untuk melihat hasil rekapan siswa penerima dana PIP.




3. Untuk menyimpan data rekapan dari web page yang sedang tmpil anda bisa mengcopi dari web dengan cara diblok terlebih dahulu kemudian mempastekannya  ke ms excell dengan format text yang dipersiapkan sebelumnya.

Scren Shot Klik:


4. Dengan demikian Setelah kita memperoleh hasil rekapan data siswa penenerima dana PIP tersebut, saatnya kita login di Aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar  disini

  • setelah login klik =>menu Laporan dan klik =>Rekapitulasi Penerima 
  • kemudian klik berturut-turut  =>jenjang pendidikan , Tahun, semesster, tahap, provinsi, kab/kota dan trakhir sekolah, maka akan muncul data siswa penerima dana PIP tersebut. 
  • klik cetak untuk mulai mengunduh file excelnya
  • nah yang diberi tanda panah itulah virtual account siswa penerima PIP tersebut.

5. Setelah kita dapatkan virtual account tersebut, saatnya mengecek validasinya apakah sudah siap cair atau belum, kembali lagi ke web  portal rekapitulasi PIP
  • klik => menu sebelah kanan kemudian klik =>Inquiry Status Pencairan
  • terakhir masukan 18 digit virtual account yang kita peroleh sebelumnya dan lihat hasil statusnya.
  • good luck
Inquiry Status




Bekerja di https://www.kaligrafiindonesia.com, Serta kepemilikan di IrfanHoneyfan Komsel, Legok Kab. Tangerang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.