CARA IMPORT FILE EXTENSION DZ ke BIO UN VERSI 15.12


Alhamdulilah bisa updatelagi, kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengimport file extension DZ ke aplikasi Bio UN versi 15.12.

Aplikasi ini didesikasikan untuk pendataan tahun 2015/2016, Perlu diketahui bahwa file dz diperoleh dari portal web pendataan UN dengan akses login menggunakan akun dapodik atau alternatif kode registrasinya, sementara aplikasi BIO UN V. 15.12 bersifat offline dan portable sehinga kita dapat
mengoprasikannya tanpa diinstal tinggal mengekstrak dan langsung menjalankan file BIODATA UASBN. exe nya.

Web Pendataan UN 2015/2016

Bagaimana cara mengimport file extension dz dan mengintrgrasikannyaa dengan BIO UN berikut caranya, tutorial versi video bisa dilihat via you tube, klik logo you tube di bawah untuk menuju ke page nya.
 

1.   Terlebih dahulu unduh file berextension dz  dan file BIO UN nya, jika belum memiliki Aplikasi BIO UN silahkan klik icon tombol download di bawah (khusus provinsi Banten) untuk user dan pasword silahkan hubungi admin UPT atau Disdik kab/kota setempat.




2.   Setelah filenya terunduh kemudian ekstak, karena file BIO UN ini berformat .zip, langsung jalankan dengan mengklik file BIODATA UASBN. exe nya. Secara default tampilan aplikasi dan folder serta file programnya seperti ini.


Folder dan file program aplikasi BIO UN V. 15.12

  • folder dengan nama "30-01" berarti 30 adalah kode provinsi Banten  dan 01 adalah kode rayon kota Serang, itu  berarti bagi saya yang satuan pendidikannya berada di Kab. Tangerang dengan kode "30-08" (30 provinsi, 08 rayon Kab Tangerang) folder programnya belum terbentuk (belum ada pada aplikasi), lalu bagaimana ? ikuti langkah selanjutnya.
3.   untuk membentuk folder dengan kode "30-08" bisa dilakukan manual (membuat folder baru dan menamainya) tetapi saya sarankan dengan cara otomatis dilakukan di aplikasi BIO UN  caranya :
  • login aplikasi BIO UN, => klik menu Isi Data menu sebelah  di atas aplikasi 
  • kemudian => klik menu siswa yang berada di sebelah kiri, perhatikan gambar di atas yang ditandai kotak merah
  • kemudian => klik dan scroll menu rayon carilah Kab. Tangerang, didapat urutan ke 08
  • selanjutnya => klik dan scroll cari sekolah tempat satuan pendidikan anda bertugas jika sudah diketemukan klik (akan terblok berwarna jingga).
  • setelah anda mengklik nama sekolah, maka secara otomatis folder sistem "30-80" serta folder biodata akan terbentuk dengan sendirinya. (silahkan anda cek di folder SD_MI tanpa menutup aplikasi)
Folder Provinsi dan Rayon Otomatis terbentuk

 4. Selanjutnya membuat folder dengan nama "dapodik" sejajar dengan folder "biodata" yang terdapat di folder "30-08".

Folder baru "dapodik"


5. Kemudian saatnya memasukan file dz kedalam folder "dapodik". langkah nomer 4 dan 5 ini bis           dilakukan tanpa mengclose atau keluar dari aplikasi BIO UN.

File Berextension dz

6.  Masih di aplikasi BIO UN. 
  • klik => Isian Data
  • klik => Eksport/ Import
  • pilih => Rayon 
  • pilih => sekolah
  • pada kotak Pilihan Proses => pilih Import DAPODIK, jika file dz nya valid maka akan terbaca ditandai warna jingga.
  • yang terakhir => klik Proses jika berhasil maka akan akan muncul notifiksi Import sukses dan data siswa sudah terintegrasi. 
Import file dz sukses
Data siswa sudah terintegrasi di BIO UN
Barangkali  demikian yang  bisa saya sharing kepada  rekan OPS , moga ada faedahnya.
silahkan beri komentar pada kolom yang tersedia saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan demi kemajuan blog ini. 
maan najah !



Bekerja di kaligrafiindonesia.com, kepemilikian di HoneyfanKOMSELL, Legok-Tangerang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Diberdayakan oleh Blogger.