BIMBINGAN TEKHNIS PENGELOLAAN SEKOLAH BERSIH dan SEHAT 2015 (SDBS)

SDBS PROVINSI BANTEN 2015

Sekolah sebagai tempat belajar harus memiliki lingkungan bersih dan sehat untuk mendukung berlangsungnya proses belajar dan mengajar yang baik. Sekolah berperan membentuk peserta didik agar memiliki perilaku bersih dan sehat untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan.


  • Konsep Dasar SD Bersih Sehat

Sekolah sehat merupakan sekolah yang menyadari pentingnya pembangunan kesehatan dibidang promotif dan preventif yang mendorong kemandirian warga sekolah dan masyarakat di lingkungan sekolah untuk berperilaku hidup sehat, memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Sekolah Dasar Bersih dan Sehat adalah sekolah dasar yang memiliki lingkungan sekolah yang bersih, indah, nyaman, tertib, aman dan rapi, memiliki warga sekolah yang sehat dan bugar, serta secara sadar senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.


Warga sekolah meliputi setiap orang yang berperan di dalam proses belajar mengajar di sekolah antara lain peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing baik sebagai pembelajar maupun pebelajar. Sedangkan, masyarakat lingkungan sekolah meliputi semua masyarakat yang berada di lingkungan sekolah selain warga sekolah.

Perilaku hidup bersih dan sehat warga sekolah dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga warga sekolah mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. 


Secara konseptual, Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SD Bersih Sehat) tercapai melalui strategi penyediaan sarana dan prasarana, manajemen yang baik, penyebarluasan pengetahuan, penciptaan kondisi ideal dengan melibatkan partisipasi semua pihak seperti warga sekolah, komite sekolah, puskesmas, dan masyarakat. Strategi tersebut dilaksanakan dengan menyelenggarakan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, kebersihan dan kesehatan lingkungan, dan pembudayaan PHBS seperti bagan berikut:
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Masih penasaran dengan materi tersebut, demikian yang dapat sebagian saya copas dari hasil bimbingan teknis yang dilaksanakan pada bulan September 2015 lalu diantara materi yang diberikan antara lain :

  • Panduan Pelaksanaan Pengembangan SD Bersih dan Sehat.docx
  • Kebijakan Direktorat SD Tentang Bimtek Sekolah Dasar Bersih dan Sehat.pptx
  • Konsep SD Bersih dan Sehat.ppt
  • Indikator SD Bersih dan Sehat.ppt
  • Strategi Pelaksanaan SD Bersih dan Sehat.pptx
  • Perencanaan Program SD Bersih dan Sehat.pptx
  • Implementasi Program SD Bersih dan Sehat.pptx
  • Monev dan Pelaporan SD Bersih dan Sehat.pptx
  • instrumen workshop R.xlsx
    dan masih banyak lagi size file up to  117 Mb. 

Download di link berikut Klik disini





Lampiran Surat:


Bekerja di https://www.kaligrafiindonesia.com, Serta kepemilikan di IrfanHoneyfan Komsel, Legok Kab. Tangerang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.